Halaman

Powered By Blogger

Kamis, 20 Februari 2014

Disfugsi simpul SA

Disfungsi simpul SA (sinus node dysfunction/SND) merupakan gangguan pembentukan dan konduksi impuls di simpul SA. Manifestasi pada EKG bisa berupa sinus bradycardia, sinus arrest, chronotopic incompetence, dan SA exit block tergantung derajat berat ringannya disfungsi.

Keluahan yang timbul cukup bervariasi. Sebagian besar malah tidak menunjukkan gejala apa-apa. Contoh keluahan tersebut adalah sinkop/near sinkop, stroke, atau bahkan kematian akibat asistol. Pasien-pasien dengan gejala seperti ini membutuhkan back-up pacu jantung permanen (permanen pacemaker/ PPM).

SND bisa disebabkan oleh faktor intrinsik dan ekstrinsik. Faktor-faktor intrinsik antara lain pertambahan usia dan penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner sendiri dipercaya sebagai salah satu penyebab cukup sering SND akibat proses aterosklesotik yang juga mengenai salahsatu cabang arteri koroner yang mensuplai darah ke nodus SA (sinus node artery). Faktor-faktor ekstrinsik yang sering memberi kontribusi antara lain :
1. Obat-obatan
2. Disfungsi otonom
3. Kelainan metabolik endokrin seeta gangguan elektrolit (hipokalemia dan hipokalsemia)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar